Pages

Minggu, 10 Maret 2019

Info Motor- 2 Tips Merawat Shockbreaker Sepeda Motor

Spek Motor - Dalam berkendara sehari-hari niscaya akan bertemu jalan yang tidak rata, bergelombang, dan sebagainya. Bahkan jalanan yang terlihat lurus pun permukaannya tidak semua rata. Disitulah shockbreaker bekerja, meredam getaran dan memaksimalkan kenyamanan pengendara dalam berkendara.

Shockbreaker merupakan benda yang kuat, lihat saja tugasnya menopang kendaraan, belum lagi ditambah rider beserta penumpang dan barang yang dibawanya. tapi bukan berarti tidak memerlukan perawatan bukan?. Perawatan perlu supaya pemakaian shockbreaker sanggup tahan usang dan.... sanggup menghemat biaya pastinya. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat shockbreaker sepeda motor? berikut ulasannya...


1. Selalu jaga kebersihan shockbreaker sepeda motor

Apalagi jikalau sedang animo hujan, perawatan harus lebih maksimal.. abu atau parahnya pasir yang melekat akan mengakibatkan baret/lecet pada fork shockbreaker. Jika fork shockbreaker baret/lecet sanggup terjadi kebocoran oli shock. Perawatannya cukup mudah, hanya dengan membersihkannya dengan air bersih, kemudian bersihkan sela-sela shock dan keringkan.

Begitu juga dengan shockbreaker depan, bersihkan kotoran yang melekat pada seal dan fork kemudian lap dan keringkan. Kebersihan shock sanggup memperpanjang masa pemakaian. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengontrol kebersihannya.

2. Berkendaralah dengan baik

Jika melewati jalan yang tidak rata/berbatu, sebaiknya kurangi kecepatan. Terlebih jikalau sedang membawa beban berat, shockbreaker akan bekerja terlalu keras. Waspada juga dengan lubang pada jalanan pada kecepatan tinggi, shockbreaker sanggup mengalami kebocoran oli pada ketika itu juga.

Hindari hal-hal yang tidak perlu menyerupai freestyle (jumping, stoppie), dan menyetel tinggi rendah shockbreaker. Jika meninggikan shock hanya untuk gaya-gayaan saja bukan untuk keperluan menyerupai offroad dan merendahkan shock bukan untuk keperluan kontes lebih baik hindari.

Menyetel selain tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari, juga sanggup mengganggu kinerja shockbreaker. Seperti yang pernah Admin temui dari rider yang menggunakan peninggi shock menyampaikan bahwa shocknya menyerupai maju mundur jikalau melewati jalan rusak. Efek buruknya? shockbreaker bisa-bisa patah ketika sedang digunakan.

Last, selain merupakan salah satu komponen utama, kenyamanan dalam berkendara juga ditopang oleh shockbreaker. Jaga selalu kebersihannya semoga selalu maksimal fungsinya. Jika keselamatannya tidak tertolong lagi (rusak parah).. ganti dengan yang baru. Sudahkah sahabat otomotif merawat shockbreakernya?.

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Banner iklan   disini