Pages

Jumat, 08 Februari 2019

Info Motor- Selalu Ingat, T-Clock Sebelum Gunakan Sepeda Motor!!


- Sebetulnya, segala sesuatu yang akan dipergunakan sebagai alat untuk bekerja, maka kesiapan dan keamanan alat tersebut harus dipastikan sebelum dipakai. Terlebih bila alat itu ialah motor, yang memiliki banyak komponen, sebagaimana sudah kita sama-sama tahu.

Disamping itu, sepasti apapun kesiapan motor, maka anda sebagai pengendara mesti lebih siap lagi. Terutama kondisi fisik mestilah bugar dan sehat. Memastikan kesiapan fisik dan motor anda ialah dua hal yang harusnya selalu seiring dikala anda akan memulai sebuah perjalanan, terlepas apakah perjalanan itu jauh atau dekat.

Dirut ORD Training centre, Wijaya Kusuma S, menyampaikan kondisi berkendaraan harus selalu diperiksa, mulai dari ban, fungsi kontrol, materi bakarnya, dll.
Lebih lanjut, Wijaya menguraikan istilah T CLOCK,

T atau tire ( ban ) yang harus diperiksa ialah tekanan, kembangan, dan kondisi.

C atau control ( fungsi kontrol ) yang harus dicek ialah tuas, tombol, dan pedal, harus berfungsi dengan baik.

L atau lamp (lampu dan kelistrikan ) bab yang dicek adalh semua lampu, baik depan dan belakang harus menyala, kontak dan aki motor mesti berfungsi dengan baik.

O atau oli ( oli dan materi bakar ), pastikan tidak ada kebocoran dan perhatikan level juga kekentalannya.

C atau chain/ drive, shaft, chassis, yang harus diperiksa ialah per dan shock breaker, kondisi rantai apakah kendor atau tidak dan juga pelumasan cukup.

K atau kick stand ( standar samping dan tengah ) pastikan kondisinya baik biar ketika memarkir kendaraan tidak merepotkan anda.

Intinya, bahwa kita harus selalu memastikan kondisi fisik kita dan motor mesti dalam keadaan prima sebelum beroperasi, dimana dan kapan saja. Salam Motovlog!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Banner iklan   disini